* * * SMK IDSA KOBA @ Jl.Berok Gg.Kayu putih, Koba-Bangka Tengah Tlp/Fax: 0718-61447* * * Web: smkidsakoba.blogspot.com * * * E-mail: smkidsa.koba@yahoo.co.id * * * Facebook: KOMUNITAS IDSA * * *

" PENGUMUMAN...!! "

SELAMAT KEPADA SAUDARI

MELINDA

ATAS TERPILIHNYA SEBAGAI KETUA OSIS SMK IDSA KOBA PERIODE 2010/2011.

17 April 2009

Tips dan Trik Sukses Ujian Nasional 2009

Ujian sudah di depan mata. Tinggal menunggu hitungan hari, hitungan jam bahkan hitungan menit. Agar kamu-kamu (pelajar) sekalian bisa sukses menghadapinya, berikut ini kami berikan sedikit tips/trik agar sukses menghadapi ujian. Bagaimana caranya ....?


Mungkin kamu sudah capek belajar dan membaca buku habis-habisan, tapi kok belum lulus juga yah...? What's wrong ..? Selama ini kamu nggak sadar, ternyata Ujian yang kamu hadapi bukan saja menghandalkan kemampuan otak, kemampuan me-manage waktu pun patut dipertimbangkan. Trus gimana tuh me-managenya waktunya ? OK deh... sebelum kamu baca artikel ini, siapkan dahulu buku tulis dan pena di sisi kamu, jangan lupa sama cemilannya... (bagi gw dikit donk..!)

Ini dia Tipsnya....:

1. Kamu percayakan kalau sedang ujian ternyata kita dibantu sama yang maha kuasa...?
So..berdoa sebelum belajar dan berperang.
2. Kamu sudah merasa penat membaca-baca buku. Jangan dipaksa terus tuh...!, biasakan otak kita agar selalu relax setelah berfikir. Cari keisengan lain yang dapat membuat otak kamu refresh kembali.
3. Pada saat hari H ujian biasanya para kaum pelajar masih saja ada yang ngotot belajar. Wah...salah besar tuh...! justeru yang begitu tuh...dapat mengacak-acak memori otak kamu yang sudah tersimpan.
4. Jangan lupa gunakan jam tangan sebagai pengingat waktu saat sedang ujian.

Ini dia Triknya....:

Biasanya waktu yang dibatasi untuk mengerjakan soal-soal ujian kurang lebih 120 menit (2 jam). Pada saat soal ujian sudah di tangan kamu, ingat..!:

1. BERDOA sebelum bertempur.
2. MENGGOLONGKAN TINGKAT KESULITAN SOAL. Baca dahulu keseluruhan soal-soal dan sekaligus menggolongkan dan membubuhkan tanda pada nomor soal (tulis saja di sebelah nomor soalnya) menjadi kedalam tiga kategori, misalnya tipe I untuk tanda soal-soal yang kamu anggap paling "MUDAH", tipe II untuk tanda soal-soal yang kamu anggap "SEDANG", dan tipe III untuk soal-soal yang kamu anggap "SULIT". Hal ini dapat memakan waktu kurang lebih 4 s/d 7 menit. Ingat hanya sekedar membaca soal-soal ujian.
3. PRIORITAS MENGERJAKAN SOAL. Setelah kamu golongkan soal-soal tersebut diatas, selanjutnya kerjakan soal-soal yang mudah (tipe I) terlebih dahulu, kemudian soal-soal yang sedang (tipe II), dan jika waktu masih memungkinkan, kamu bisa mengerjakan soal-soal yang susah (tipe III) kalau tidak memungkinkan ya sudah...tinggalkan saja soal-soal yang susah tersebut ! Toh...soal-soal yang susah biasanya tidak banyak loh..! Untuk sementara waktu tulis saja dahulu jawaban kamu pada lembar soal.
4. MENULIS JAWABAN KE LEMBAR JAWABAN (LJK). Untuk menulis jawaban kamu ke LJK ada dua alternatif.
Alternatif Pertama: kamu bisa mengalokasikan waktu khusus untuk menulis/menghitamkan LJK kamu kurang lebih 15 s/d 20 menit. Jadi ingat..ingat...!, 15 atau 20 menit sebelum waktu ujian berakhir saatnya kamu menulis/menghitamkan LJK kamu. Ya..iya lah, LJK kamu donk...,masa sih LJK orang.
Alternatif kedua: Alternatif ini waktunya bersamaan dengan trik no. (3). Kamu bisa saja memindahkan jawaban kamu ke LJK di saat-saat otak kamu mulai merasa panas (jenuh). Setelah otak kamu merasa kembali relax, kamu dapat melanjutkan kembali mengerjakan soal-soal.
5. CHECK AND RECHECK. Kalau kamu masih ada sedikit waktu, boleh aja tuh...kamu check lagi jawaban di soal dengan di LJK kamu. Siapa tau ada jawaban yang meleset. Trus juga periksa identitas kamu di LJK, dah bener semuanya belum..?
6. ;). Masih punya sisa waktu nih... Ya udah, liat-liat tetangga sebelah donk...! Tuh tetangga pasti dah lama menanti-nanti pertolongan kamu. Selanjutnya terserah kamu......:)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Terima kasih atas tip dan triknya. Ini sangat membantu saya menghadapi ujian tadi pagi. Thanks

Anonim mengatakan...

tips yang bagus!!
sangat membntu...
tapi,poin ke enam,maaf, saya tidak setuju dengan itu...itu namanya mendukung teman untuk terjerumus ke dunia kebodohan dalam ketergantungan menerima jawaban dari orang lain..
maaf ya?!
kalo kata KPK,itu namanya belajar jadi koruptor sejak dini.

Posting Komentar