* * * SMK IDSA KOBA @ Jl.Berok Gg.Kayu putih, Koba-Bangka Tengah Tlp/Fax: 0718-61447* * * Web: smkidsakoba.blogspot.com * * * E-mail: smkidsa.koba@yahoo.co.id * * * Facebook: KOMUNITAS IDSA * * *

" PENGUMUMAN...!! "

SELAMAT KEPADA SAUDARI

MELINDA

ATAS TERPILIHNYA SEBAGAI KETUA OSIS SMK IDSA KOBA PERIODE 2010/2011.

05 Juli 2010

Puncak Kegiatan Hut RI ke- 65 dan Kota Koba ke-156



SMK IDSA Koba Unjuk Kreativitas Wirausaha
KOBA - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Idrus Syariah (IDSA) Koba Kabupaten Bangka Tengah unjuk kreasi kreativitas bidang wirausaha dalam menyajikan menu masakan khas Bangka. Bidang yang berkaitan dengan materi pelajaran dikelas tersebut bermaksud menguji kemampuan berwirausaha sekaligus pendalaman potensi diri para pelajar SMK IDSA Koba.


Pembina Organisasi Siswa Sekolah (OSIS) Robiyanto mengatakan lomba wirausaha memberi pengaruh besar bagi pelajar apalagi bagi pelajar kelas 12 penjualan maupun akuntasi sangat penting. Menurut Robiyanto, perlombaan penyajian beragam menu masakan tersebut dapat menambah ilmu pengetahuan siswa untuk lebih kreatif belajar wirausaha. Apalagi bagi kelas 10, mulai dikawal dengan materi praktek wirausaha dengan ide wirausahanya murni hasil pemikiran para siswa dengan disupport oleh wali kelas. "Disinilah kita akan melihat kekeluargaan dan kekompakan anak-anak, mereka itu nyumbang perindividu yang berbeda setiap kelas tergantung keinginan kelas menu yang akan ditampilkan, artinya kita serahkan sepenuhnya kepada siswa dan wali kelas
hanya sebatas membantu," ungkapnya.
Kata wali kelas XII akuntansi ini, menu yang disajikan pun beragam masakan dengan berbagai daftar menu. Artinya kata Robiyanto, secara tidak langsung para siswa sudah mampu menyediakan menu siap saji untuk disajikan di restauran, kafe dan sejenisnya. Seperti pada lulusan siswa SMK IDSA Koba tahun lalu, banyak juga pemilik usaha mempercayakan tenaga jebolan SMK IDSA Koba untuk bekerja di kafe atau restaurant, sehingga konsep sekaligus jenis menu dari siswa sepenuhnya. "Mulai dari konsep sekaligus jenis menu disajikan siswa sepenuhnya," bebernya.
Tak hanya konsep dan jenis menu yang dipelajari, melainkan katanya siswa juga mengetahui faktor utama diantaranya faktor pendukung dan penentu. Adapun point penilaiannya meliputi cita rasa, penyajian, kebersihan dan jenis menu yang ditampilkan terdiri dari menu pembuka, menu utama dan menu penutup. "Rata-rata secara keseluruhan bagus tampilannya bahkan ada kelas 11 penjualan yang siswanya sedikit, tapi mampu menyajikan menu masakan, itukan luar biasa," ungkapnya.

Selain menguji kreativitas, para siswa pun mendapat suguhan materi yang dipelajari. Seperti jurusan penjualan dimana siswanya mengetahui istilah display, display product, cara melayani yang berarti sangat konten dengan kurikulum yang dipelajari, maka itu prakteknya sehingga siswa lebih paham apalagi belajar dengan praktek langsung jauh lebih baik. "Kesimpulannya, apapun lomba yang tampilkan tentunya mendatangkan manfaat bagi siswa, dewan guru dan bagi sekolah secara keseluruhan," tambahnya.

Banjir Manfaat
Sementara itu, kegiatan peringatan Hut NKRI ke-65 tersebut merupakan agenda kontinyu yang digelar setiap moment penting itu banjir manfaat. Menurutnya, manfaat yang diterima SMK IDSA Koba dari kegiatan ini sangat terasa yang terdiri dari pembinaan suasanan kekeluargaan antara dewan guru dan pelajar.
"Manfaat yang diterima sangat terasa terutama pembinaan keluarga antara dewan guru dan pelajar," ujarnya.
Moment kegiatan yang telah berlangsung tanggal 5 hingga 7 Agustus 2010 itu sangat tampak potensi dan bakar yang dimiliki setiap siswa baik bidang olahraga maupun bidang wirausaha. Berdasarkan hasil yang diperoleh sangat mensupport para siswa-siswi untuk lebih menggali potensi diri yang terpendam. Tak hanya itu, kegiatan ini pun mendatangi manfaat bagi dewan guru yakni menjalin kedekatan dengan siswa sekaligus memperkuat rasa kekeluargaan maksudnya bisa membina rasa nasionalisme dalam rangka moment 17-an.
"Dengan adanya kegiatan ini bisa membuka diri para pelajar sekaligus membuka wawasan pelajar," ungkapnya. Pada masa yang akan datang akan menggelembungkan kegiatan setiap moment penting bermaksud untuk lebih memperluas wawasan siswa-siswi SMK IDSA Koba bidang olahraga, wirausaha begitupula bidang lain yang dibutuhkan.
"Insya Allah pada masa yang akan datang lebih ditingkatkan," pungkas Robiyanto. (smk idsa).

0 komentar:

Posting Komentar